KOPLING DIBEDAKAN DALAM BEBERAPA JENIS, YAITU :
1. KOPLING MANUALKOMPONEN UTAMA KOPLING
1. RODA GILA
2. PLAT KOPLING
3. PLAT PENEKAN
4. PEGAS DIAFRAGHMA
5. TUTUP KOPLING
6. BANTALAN PEMBEBAS
7. GARPU PEMBEBAS
FUNGSI KOMPONEN UTAMA KOPLING
1. FLY WHELL (RODA GILA)
Tempat kedudukan sistem kopling
2. DISC CLUTCH (PLAT KOPLING)
Media penghantar putaran dari mesin ke transmisi
3. PRESSURE PLATE (PLAT PENEKAN)
Untuk menekan clutch disc
4. DIAFRGHMA SPRING (PEGAS DIAFRAGHMA)
Untuk memberikan tekanan pada pressure plate
5. CLUTCH COVER (TUTUP KOPLING)
Untuk menjepit clutch disc terhadap fly wheel
6. RELEASE BEARING (BANTALAN PEMBEBAS)
Untuk meneruskan gaya tekan dari release fork
7. RELEASE FORK (GARPU PEMBEBAS)
Untuk menekan release bearing sehingga menyentuh diafraghma spring
JENIS-JENIS KOPLING
1. KOPLING MANUAL
TERDIRI DARI :
a. KOPLING SINGLE PLATE
b. KOPLING DOUBLE PLATE
2. KOPLING AUTOMATIS
Torque Converter di digunakan pada kopling otomatis sebagai pengganti kopling manual
SISTEM PENGGERAK KOPLING
1. SISTEM PENGGERAK MEKANIS
Pada sistem ini tenaga yang digasilkan dorongan pedal yang menggerakkan Release Fork diteruskan langsung oleh kabel pembebas.
Mekanisme penggerak in sekarang kurang banyak digunakan, karena memiliki kekurangan yaitu, untuk kendaraan besar seperti truk yang memerlukan kekuatan besar kurang kuat, dan penekanannnya lambat
2. SISTEM PENGGERAK HIDROLIK
Sistem pengggerak ini menggerakkkan Release Fork melalui mekanisme penekanan minyak rem secara Hidrolis. Sistem ini sangat efisien dan cepat dalam pemindahan tenaga dari injakan pedal ke Release Fork
CARA KERJA
Bila pedal kopling di pijak, minyak yang
terdapat dalam silinder utama akan terdesak keluar melalui pipa,
selanjutnya mendesak torak di dalam silinder slave silinder kemudian
menggerakkan release fork
FUNGSI RELEASE CYLINDER
Menggerakkan piston dengan tekanan hidrolik dari silinder utama dan mengoperasikan release fork melaui tongkat pendorong
PERAWATAN DAN PERBAIKAN SISTEM KOPLING
1. BUKALAH KOPLING DAN RUMAH KOPLING
2. LAKUKAN PENGUKURAN PADA FLY WHEEL MENGGUNAKAN DIAL INDIKATOR
KEOLENGAN MAKSIMUM = 0,1 mm
3. PERIKSALAH KEDALAMAN PAKU KELING PADA CLUTCH DISC DENGAN SIGMAT
KEDALAMAN PAKU KELING MINIMUM = 0,3 mm
4. PERIKSALAH PEGAS DIAFRAGHMA DARI KEAUSAN
LIMIT KEDALAMAN = 0,6 mm
LEBAR = 5,0 mm
5. PERIKSA CELAH PRESSURE PLATE
CELAH STANDART = 0,5 mm
6. PERIKSA KONDISI RELEASE BEARING DARI KEOLENGAN
TROUBLE SHOOTING
1. KOPLING SLIP
- Permukaan plat kopling aus atau terbakar
- Permukaan plat kopling terkontaminasi oleh minyak pelumas
2. KOPLING GADUH
- Tidak terdapat pelumas pada sambungan dari sistem penggerak kopling
- Bantalan mekanisme pelepas kopling sudah aus atau rusak
3. KOPLING MENGGESEK
- Jarak antara kopling dengan lantai terlalu rendah
- Permukaan plat kopling rusak
release cylinder fungsinya mana?
BalasHapusSalam kenal dari saya untuk Heru Haryanto... pertanyaan anda sudah saya jawab di atas... silahkan juga di lihat tentang materi sistem transmisi.. terimakasih
BalasHapusperawatan pada kopling nya mana????
BalasHapushttps://www.youtube.com/watch?v=792yULbvV3w
BalasHapusVideo Animasi Sistem Kerja Kopling
Video Animasi Sistem Kerja Kopling
BalasHapuskoq g bisa dicopy mas
BalasHapusInfo :
BalasHapusjika anda ingin menambah wawasan di teknik pengoperasian dasar truck mercy ACTROS,
silahkan anda mengunjungi kami di https://trainingtruckmercyactros.blogspot.co.id/
Sangat membatu dan bermanfaat. terimakasih :)
BalasHapusbermanfaat....!
BalasHapusgan cari gambar kaitan komponen mobil semuanya kok sulit yaaaa.....
BalasHapusBagus dan lebih mudah dipahami , sangat memnbantu trm ksh !
BalasHapusSangat membantu saya untuk memahami sistem kopling ini
BalasHapusTerima kasih kepada anda sudah memudahkan saya untuk bisa mengerti
Saya mau nanya ukuran garpu cover clutch berapa MM untuk unit truk PS 220. Terimakasih.?
BalasHapusMantul
BalasHapusXII TKR F SMK MANUSA AJB SANGAT TERBANTU, TERIMA KASIH
BalasHapusMantap bujank
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapusTeriamakasih atas informasi thanks you
BalasHapusmantap bang.. ditunggu ilmu2 lainnya.. terima kasih..
BalasHapusSMK N 1 Wadaslintang
BalasHapusLangkah Kerja
BalasHapusPembongkaran =
– Lepas bagian – bagian yang menghalangi untuk membongkar kopling .
– Lepaskan kabel yang menempel pada tranmissi dan lepas As roda ,Steering linkage yang menempel pada roda,Stabilizer- bar
– Apabila plat koplingnya ada didepan harus membuka rem cakram yang sebelah kiri.
– Buka baud yang mempel pada tranmissi
– Setelah terbuka pisahkan tranmissi dan kopling
– Periksa cluth dish dan cluth cover apakah layak atau tidak untuk di pakai
– Apabila plat kopling dan cluth cover sudah aus .di wajibkan harus diganti
– Bersihkan bagian kopling yang kotor dengan menggunakan kuas
Pemasangan=
– Pasang plat kopling dan cluth cover dengan lurus menggunakan senter kopling .
– Apabila sudah lurus kencangkan dengan baut menggunakan kunci yang pas
– Pasang tranmissi kembali dengan rapih apabila sudah bersih dari debu
– Pasang kembali komponen- komponen yang di lepas dengan rapih seperti kabel yang menempel di tranmissi, As roda ,Stabilizer bar dan lain sebagainya.
– Pasang roda / ban dengan menggunkan kunci roda